4/19/09

Sayembara Jawa Tengah Learning Centre (1st WINNER)


Poject : Jawa Tengah Learning Centre
Location : Semarang
Design Team: Baskoro Tedjo & team (Fajar Ikhwan P, Muhammad Fajri, Eki Achmad , Gosha Muhammad, Issac Rabin)


Image Hosted by ImageShack.us

BASE CONCEPT

Dual Symetrical, atau yang di-translate Kembar Simetris.. merupakan cirri khas adat jawa dalam berpresentasi baik sebagai foreground ataupun background, seperti Kembar Mayang, Gunungan, serta Gerbang Beringin. Konsep tersebut yang dicoba diterapkan pada bangunan utama dari karya arsitektur ini.


Tampak Site Memanjang (dr arah selatan)


Image-image konsep dual symetrical

Dengan tampilan yang agak “campursari”, dari mulai yang vernacular, modern, sampai urban futuristic. Dalam proses bentuk, perancang mencoba untuk menegaskan hierarki blok massa yang linear. Dengan plasa utama sebagai pusat kegiatan, site dibagi menjadi area yaitu pada area barat merupakan area festive, dan sebelah barat merupakan area educative.


Siteplan

FORMING CONCEPT

Konsep campursari yang diusung dirasakan tidak kehilangan pokok garis dan bentuk yang seirama antar masa pada tapak. Penyesuaian fasade dan bentuk yang cukup matang ditampilkan oleh perancang sehingga kombinasi masa bangunan tampak ramah namun tetap terlihat kesan kekiniannya.

Bird Eye View within index

Bangunan utama (Convention Centre dan Perpustakaan Umum) sebagai 2 bangunan penerima merupakan aplikasi dari anlogi dual symterical. Penggunaan joglo yang dipadukan dengan bentuk badan bangunan yang maju mundur sebagai analogi tumpukan buku menghasilkan suatu karya baru yang sarat dengan lokalitas. Kemudian agak bergeser ke timur terdapat perpustakaan khusus diusung dari konsep 4 simetris Sokoguru. Bangunan lain adalah yang terletak pada sisi paling timur tapak merupakan bangunan Science Centre dengan bentuk oval yang dipilih sebagai pengakhiran masa. Kejujuran material pada masa bangunan bangunan diusung sebagai pencitraan sustainable fa├žade.


Bird Eye View

INTERIORS


Lybrary Cafe' - Perpustakaan Khusus


Loby utama (dari arah plasa utama) - Loby utama (dari arah sport centre)

EXTERIORS


Bird Eye View 2 - Amphitheatre

Suasana Entrance - Koridor Luar Perpustakaan Khusus



3 comments:

Start a discussion by entering your comment.. choose Anonymous if you don't have any acoounts.