5/22/10

Sayembara Taman Kebun Pisang Penjaringan (Top 10)


Poject : Taman Kebun Pisang Penjaringan
Location : Jakarta Utara
Design Team: Muhammad Fajri, Videl F Oemry, Hardian Ahmad







Sebuah lahan sebesar 9 Ha yang merupakan kebun pisang besar di tengah kota, tersisolasi dan cukup terabaikan. Dijadikan lahan tempat tinggal kumuh bagi para tuna wisma. Sekalipun sebagian lahan mulai digarap dengan beberapa fungsi dan jenis tanaman.

Plasa Utama Taman Kebun Pisang

Dengan tema garapan "Revolusi Sebuah Ladang" tim perancang memcoba membawakan nuansa baru sebuah ladang yang senantiasa menjadi studi wisata dan hiburan di tengah kota. Pengembangan ilmu biodiversity menjadi stimulus konsep yang diterapkan tim perancang pada Taman Kebun Pisang ini. Ya, "biodiversity" itu sendiri lah yang menjadi konsep utama perancangan kali ini.


SITE CONCEPT

Lokasi taman kebun pisang terletak di bawah tol Pluit antara Jakarta - Bandara Cengkareng. Jadi bisa dikatakan bahwa revitalisasi taman kebun pisang ini juga sebagai daya tangkap visual awal sebelum mencapai kota bagi calon pengunjung jakarta dari arah barat laut serta dari Bandara.


Konsep Biodiversity Pada Tapak

Dari isu diatas, tim perancang mulai menggarap Konsep Biodiversity yang diawali dengan "sumbu-sumbu visual" pada tapak yang menghasilkan 2 titik temu dan 3 zona rancangan. Sehingga akan konsep biodiversity yang diterapkan tidak hanya dapat dirasakan oleh pengguna taman tetapi juga bagi pengguna jalan tol yang sekedar melintas diatas Taman Kebun Pisang.

Bird Eye View Taman Kebun Pisang dari Tol pluit lapis tengah


BIODIVERSITY TATA GUNA LAHAN

Mungkin dalam bahasa fashion biodiversity bisa dideskripsikan sebagai "mix-match", nah pola tata guna lahan pada Taman Kebun Pisang ini juga lebih pada konsep biodiversity atau mix-match yang baru saja disebutkan yang tentunya selalu terdapat unsur alam pada setiap tata guna lahan yang di mix-match kan.


Site Plan Taman Kebun Pisang

Lahan yang cenderung linear ini dibagi menjadi 3 zona yang saling berkesinambungan dengan interaksi dengan alam. Semua berbasis pada kualitas pembelajaran akan pentingnya berinteraksi dengan alam sehingga pembentukan hierarki pun di rancang sejalan kualitas sebuah tanaman; akar -> batang -> kuncup/ bunga --------> kehidupan berkesinambungan..

Dalam hal ini akar dimaksudkan sebagai dasar kehidupan yang diaplikasikan dalam rancangan sebagai BOTANICAL TOUR. Dilanjutkan dengan batang yang bersifat menopang dan memperkuat tanaman diaplikasikan sebagai HEL (Healt, Education, Leisure). Diakhiri dengan kuncup bunga yang diaplikasikan sebagai FESTIVE area..


Sport Area pada HEL

Education Land pada HEL

Festive Blossom Area


"Advises are totally allowed"

6 comments:

  1. It is a very nice project !!
    don't need to give any comment coz we've already talked bout it directly.. :P
    keep up the good work guys :)
    curious to know your next design project..

    ReplyDelete
  2. Thanks for stoping by, Kopi Sore... Glad having deep discussion with u. What an interesting perspective you had in your presence, so don't ever hesitate to come back again.

    Thanks

    ReplyDelete
  3. hahahaha akhirnya di upload juga.......btw sebenernya keren abis ni desain kite.........

    ReplyDelete
  4. Yup.. akhirnya ada waktu juga buat uload..
    Ayo kita ber-sayembara lagi! ;p

    ReplyDelete
  5. AYO BERSAYEMBARA LAGI !!!!!! JADI RIVAL JUGA BOLEH !!!! SAYA SEDANG BOSAN DI KANTOR YANG PROYEKNYA PEMERINTAH MULU !!!!!

    ReplyDelete
  6. Siap, bung Hardian!! lah ini saya sedang ulik2 sayembara lagi... :D tp wajib perorangan, semoga bisa selesai sebelum deadline.. hehehe! SEMANGAT!

    ReplyDelete

Start a discussion by entering your comment.. choose Anonymous if you don't have any acoounts.