8/13/11

Multi-level Plaza, mungkin begitu saya menyebutnya..

Plaza...
atau kita kenal dengan ruang bersama yang biasanya berada pada area terbuka atau outdoor. Kita mengenal plaza sebagai sebuah penampang datar yang "cukup" lebar karena kita tahu plaza bertugas menampung segala aktifitas bebas dari keadaan orang yang "banyak". Jadi mungkin baiknya menempatkan plasa di sebuah tanah tak berkontur untuk efisiensi ruang, bahan dan aktivitas pembangunan.

Namun bagaimana jika kita dihadapkan dengan lahan yang kurang datar atau bisa kita sebut berkontur, sedangkan pada area tersebut merupakan titik pola yang pas sebagai ruang komunal.

Saya mencoba menganalisa garis-garis kontur yang sekiranya mungkin dapat dialihkan sebagai plasa. Sehingga aktivitas gali dan urug pada lahan eksisting bisa di reduksi. Plaza seperti ini saya sebut sebagai multi-level plasa, yang mungkin terdengar awam untuk di definisikan.. tapi ini lah yang mungkin dapat tetap dijadikan tempat berkegiatan "festive" maupun "contemplated" yang tentunya sebagai ruang bersama dengan kasus pengguna orang "banyak"
.

desain multi-level plaza, pusdiklat olahraga hambalang sentul by: fajri.muhammad

Secara visual, solusi seperti ini menjadikan plaza tidak sebagai sebuah bidang datar terpisah nyata secara elevasi.. sehingga plaza bisa menjadi sebuat ruang komunal yang lebih ramah terhadap sirkulasi sebagai salah satu pelengkap elemen lansekap arsitektur.


nb: click image to enlarge
"Advises are totally allowed"


4 comments:

  1. hello, saya nanairu dr architerian.net.
    emanx ssh kl ngedesain plaza dgn lahan berkontur gt y. saya jg bgng wkt mncoba untk mendesain tapak yg kyk gt.
    saya gak tau ini saran ato bkn, tp kl lokasinya byk tgga utk mencapai plaza itu, gmn caranya para pedagang yg pk gerobak ato PKL mengakses tempat tersebut? itu saja mungkin.
    thx, :D

    ReplyDelete
  2. Hehheee.. Sebelumnya terimakasih buat komennya,

    ini memang diperuntukan bukan untuk para PKL dan sebagainya.. ini cuma meeting point dari sebaran landscape di kawasan olahraga sentul, sifatnya agak sedikit privat.. :D

    ReplyDelete
  3. Keren...
    Jadi masukan buat para engineer yg berhubungan dengan building construction...nihh.
    Bagus ilmunya :|

    Didi
    www.tlibdg.com

    ReplyDelete
  4. Thanks, Didi... semoga saja.. Hehee,

    Makasih sudah mampir :D

    ReplyDelete

Start a discussion by entering your comment.. choose Anonymous if you don't have any acoounts.