3/8/11

RUBAH (Rumah Baja Hijau)


Project : Rumah Pak Dodie
Location : Bogor, Pakuan Regency
Architect : Muhammad Fajri
Category : Final Proposal

Merancang rumah pada perumahan yang memiliki line khusus untuk dipatuhi, ketika itu hal yangperlu diawali adalah mempelajari jalur seperti apa yang bisa ditawarkan untuk membawa idealisme pada titik yang tepat. Idealisme yang bukan ego, idealisme yang bukan unjuk gigi, tapi idealisme yang berusaha untuk peduli pada calon pengguna dan lingkungan. Pada peranangan ini pengembang menggaris bawahi tipologi fasade yang cenderung akan menjadi identitas pada salah satu cluster di kawasan perumahan tersebut. Sehingga tampilan tidak jauh bahkan seirama dengan rumah-rumah eksisting

CONCEPT

Ketika Pak Dodie (pengusaha muda berdarah Batak) menginginkan suasana terbuka pada rumah, maka alam adalah point utamanya sehingga konsep akhirnya ditawarkan adalah membawa esensi kehidupan pohon pada ke dalam ruang2 di dalam rumah.
Gambar diatas bercerita akan sirkulasi kehidupan pohon yang berbasis pada batang kemudian menyebar ke hijau2 daun pada sisi2nya. Penggunaan baja merupakan keputusan dalam strategi struktural yang membawa mampu variasi kejujuran serta efisiensi waktu pengerjaan.

REVIEW

Photobucket

Fasad yang tidak lari jauh dari tipikal cluster pada kawasan tersebut, sehingga identitas tetap terjaga tanpa melupakan identitas mikro yaitu pemilik rumah itu sendiri.


Photobucket
Pola Ruang pada denah merupakan aplikasi esensi kehidupan pohon yang telah dibahas diatas, dengan koridor kayu sebagai batang pusat sirkulasi dari keseluruhan ruang pada rumah.

Photobucket
Koridor kayu sebagai penguat sirkulasi dengan konsep living tree dan area hijau sebegai kawasan daun yang terletak zigzag untuk optimalisasi cross ventilation. Terdapat connecting green pada sisi kanan rumah yang ketika dibutuhkan akan menyatukan ruang tamu dan ruang keluarga sehingga kebutuhan ruang luas dapat dipenuhi.

Photobucket
Visual material yang ditawarkan adalah transparansi atau kejujuran, dimana ketika hal itu pun mampu mereduksi penggunaan finishing yang akhirnya juga mengurangi anggaran pembangunan.

Photobucket

"Advises are totally allowed"

1 comment:

Start a discussion by entering your comment.. choose Anonymous if you don't have any acoounts.