11/11/08

Interior Museum Bank Indonesia, ada apa?


Image Hosted by ImageShack.us

Karena permintaan dari pihak Museum Bank Indonesia, dan atas permintaan juga dari Bapak Arinaka, dengan kebijakan pribadi dan tanpa paksaan saya tutup sementara topik ini ya.. Nanti akan dibuka kembali setelah konfirmasi lebih lanjut. Sukses selalu untuk semuanya. Salam blogger..!

-viva the freedom of sharring-
by: author of Blogmymind

15 comments:

  1. Anda sudah melanggar property right orang lho ... melansir gambar tanpa ijin

    ReplyDelete
  2. Terimakasih sebelumnya sudah mampir, untuk Anonim (lebih baik mencantunkan ID anda).. maaf sebelumnya, saya hanya berusaha menampilkan apa saja yang telah saya kerjakan selama ini.. Termasuk bekerja sebagai freelance 3d-artist selama kuliah (ketiga gambar diatas tersebutlah hasilnya...) apakah dengan begitu saya tergolong melanggar..?

    mohon bimbingannya.. terimakasih

    -Author-

    ReplyDelete
  3. Wahh keren-keren karya3dnya nih, saya mau tanya donk mas Fajri. Saya sekarang masih kuliah dan akan mengambil KP semester depan. Kalo baoleh tau Arinaka & team itu alamatnya dimana ya? saya mau coba lamar ke sana nih Mas. Trim's buat infonya. maaf gak masuk2 komentnya jadi terpaksa pake anonymous heheee...

    Arif

    ReplyDelete
  4. saya seno pranata, saya selama ini bekerja di Unit Khusus Museum Bank Indonesia sebagai Staff Arsitek dan sekarang hampir 2 tahun menangani proyek ini..pertama saya hanya ingin mengonfirmasikan apakah benar penampilan property yang ada di blog bapak ini telah seijin dari perancang..karena kemaren saya rapat dengan perancang (22/04/09) perancang nya saja tidak mengetahui nama bapak, ataupun Bapak Arinaka sebagai arsitek yang telah bapak sebutkan, karena yang tercantum dalam kontrak kerja kami bukanlah dengan bapak Arinaka/konsultan Arinaka..sampai saat ini saya sendiri masih menunggu konfirmasi dari perancang mengenai Saudara dan tim arsitek yang telah disebutkan dan mengingat ini merupakan proyek institusi yang akan dilelangkan maka penampilan proyak ini tanpa seijin owner pun akan menyebabkan gambar tersebut bocor ke publik sebelum dilelangkan hal ini akan sangat bermasalah bwt kami!! sebagai anggota IAI maka saya sedikit banyak mengerti mengenai masalah hak cipta & pelanggaran hak cipta dalam design ataupun menampilkan prperty tanpa seijin owner saya harap hal ini dapat dijadikan sebuah pertimbangan bwt bapak Fajri dalam memilah-milah mana yang akan ditampilkan dalam blog Saudara..

    @Anonim : saya setuju dengan anda, jika memungkinkan saya ingin mengetahui tentang bapak Arinaka..klo ada info mhn bantuan nya ya?!

    jika ada yang tidak berkenan silahkan menghubungi saya di 0818603107/2310108 ext 4543
    email : pop_architecture@yahoo.com
    Unit Khusus Museum Bank Indonesia
    Gedung D Lantai 1 Sayap Barat
    Bank Indonesia
    Jl. MH. Thamrin No II
    Jakarta Pusat

    saya dengan sangat mengharapkan balasan bapak untuk dalam blog ini secepatnya mengingat ini bukan masalah hanya sekadar masalah kecil..thx..

    ReplyDelete
  5. Wahh... gawat-gawat..!! jadi rumit gini ya.. pada saat membuat gambar ini status saya adalah mahasiswa tingkat 2 (tahun 2006 silam).. Jelas sekali orang tidak mengenal siapa saya, krn saya hanya 3d-artist freelance yang dibutuhkan jasanya untuk menhasilkan gambar sperti gambar diatas (saya tidak mengklaim bahwa karya diatas adalah rancangan/konsep saya).. Karena seperti yang dituliskan, konseptornya adalah Bpk Sunaryo (Seniman ternama dari Bandung)

    jadi begini hirarki tugasnya:

    Bpk Sunaryo ---> Bpk Arinaka ---> Muhammad Fajri (mahasiswa)

    Maksud saya memasang gambar ini adalah murni sebagai portofolio saya.. Saya memasang apa yang saya kerjakan dengan keringat saya sendiri. Baik gambar diatas jadi dibangun ataupun tidak, hal tersebut diluar sepengetahuan saya.. Karena sekali lagi status saya 2006 lalu hanyalah mahasiswa tingkat 2. Dan jelas sekali komputer saya menyimpan lengkap bukti2 pengerjaan gambar tersebut sebagai karya yang telah saya kerjakan.

    -Terima Kasih-
    (untuk bahasan lebih lanjut saya akan hubungi email bapak langsung)

    ReplyDelete
  6. Trima kasih atas balasannya..pertama adalah tentu saja saya kenal dan tau siapa pak Naryo karena saya sering rapat dan berapa kali bahkan 2 minggu lalu saya rapat dengan beliau di Bandung, yang kedua adalah saya mempermasalahkan penampilan gambar-gambar image tersebut tanpa seijin dari owner karena seharusnya hak publikasi sepenuhnya milik owner sedangkan perancang dijinkan untuk publikasi atas persetujuan owner juga, yang ketiga saya tidak pernah sekalipun rapat atau bekerja dengan Bpk. Arinaka yang saya tahu hanya Bpk. Naryo dan beberapa rekan seniman serta desainer nya..yang keemapt adalah pencantuman nama arsitek yang menurut saya sama sekali tidak sesuai dengan perancang yang sebenarnya...

    jadi saya sangat menunggu konfirmasi dan tindakan Saudara tentang hal ini, kalaupun diijinkan maka saya dapat mengundang Saudara serta perancang-perancang kami tersebut termasuk Bpk. Sunaryo.
    skali lagi terima kasih atas atensi nya


    Seno Pranata

    ReplyDelete
  7. saya ingin melanjutkan sedikit saja..seingat saya (saya punya data-data berupa profiling,kontrak dan minutes of meeting)tahun 2006 interior Museum Bank Indonesia (MBI) belum berjalan seperti yang bapak sebutkan diatas..jadi kalau bapak mengaku tahun 2006 sudah memulai untuk mengerjakan desain diatas saya dengan sangat yakin bapak salah..karena saya yakin dan baru saja melakukan klarifkasi dengan bagian administrasi kami bahwa bapak. Sunaryo pun baru dikontrak oleh BI pada awal tahun 2007..sekalipun anda mengaku terlibat proyek pada awal tahun 2007 tentu saja gambar yang anda tampilkan tidak seperti itu..karena gambar2 tersebut adalah gambar pengembangan dari desain awal tim perancang yang sekarang menangani dengan Bpk. Sunaryo sebagai penasehat seni

    ReplyDelete
  8. Sebelumnya mohon maaf sebesar2nya untuk kesalahan saya dalam mengingat waktu yang buruk, karena pada saat membalas pesan anda diatas posisi saya sedang di depan meja kerja saya.. Klarifikasi (3d rendering ini saya kerjakan pada saat saya di tingkat 3 di akhir thn 2007) Pada saat itu saya juga bingung, MBI yang sudah setahun beroperasi dan sudah sebegitu mantapnya dengan interior yang canggih, koq masih ada konsep baru untuk interiornya??

    Sesuai Judulnya: "Interior Museum BI, ada apa?"

    Mohon maaf sebelumnya, jadi disini permasalahannya sebenarnya apa ya? mohon dijelaskan.. karena kalau misalkan anda menganggap saya mengaku2 ketiga image diatas adalah hasil kerja orang lain maka anda salah besar.. (karena rendering, lighting, montaging, smua saya lakukan dengan tangan saya sendiri dengan keringat seorang mahasiswa)

    Kalau memang kesalahan saya adalah mempublikasikan ketiga gambar ini, maka selama ini portofolio saya dalam submition proposal untuk melamar pekerjaan juga merupakan kesalahan.... karena ketiga gambar diatas selalu saya masukan sebagai hasil karya saya dalam bidang 3d rendering.

    Apabila memang pihak saudara tidak berkenan saya untuk memajang gambar (hasil kerja saya sendiri) maka saya akan menghapus topik ini dalam blog saya.. terima kasih..

    Kalau memang anda ingin mengundang saya untuk hadir, dengan senang hati dan tanpa tekanan saya akan datang.
    (mudah2an ada jalan keluar)

    Terima Kasih.

    ReplyDelete
  9. Dear BLOGMYMIND's readers..

    Mohon maaf sebelumnya atas permasalahan pada topik ini. Saya baru menyadari, sekalipun hasil karya kita sendiri tapi kita juga harus meminta izin ownernya dalam membuat portofolio. Ini sungguh menjadi pelajaran baru bagi saya. Saya harap hal ini dapat terselesaikan dengan damai. Amin

    -Author-

    ReplyDelete
  10. namanya bikin 3d, konsep atau apapun yang berhubungan untuk proyek nyata, selama proyeknya belum JADI, yah jangan di publikasikan dulu lah. walopun itu buat portofolio

    ReplyDelete
  11. Siap pak!!! I've learnt much from U... It will be my best teacher for the future... hehehe!! :)

    ReplyDelete
  12. waw..something's going on your GREAT blog !!!
    it's ok dude !! you have a lot of other nice design projects to work on, you did a very good work at competition projects and so on...no doubt !!

    don't let this bothering you :)

    ReplyDelete
  13. @Kopi Sore: Thanks for supporting.. promise, i won't let you down!

    ReplyDelete

Start a discussion by entering your comment.. choose Anonymous if you don't have any acoounts.